Kurikulum Humanistik
Keterlibatan peserta didik dalam berbagai aktivitas di. Kurikulum humanistik memiliki karakteristik sebagai berikut.
Berdasarkan konsep aliran pendidikan pribadi personalized education yaitu John Dewey Progressive Education dan JJ.
Kurikulum humanistik. Kelebihan dan kekurangan teori Humanistik. Semua kegiatan inilah yang polok dalam inovasi dan pembaharuan sendiri self-renewal. Berdasarkan konsep aliran pendidikan pribadi personalized education yaitu John Dewey Progressive Education dan JJ.
Selalu mengedepankan akan hal-hal yang bernuansa demokratis partisipatif-dialogis dan humanis. Rousseau Romantic EducationAliran ini lebih memberikan tempat pada siswa dan memandang siswa sebagai subjek yang menjadi pusat kegiatan. Orang-orang Amerika menggelar pengembangan siswa dengan kurikulum yang dapat memastikan masa depan yang tidak pasti.
Kurikulum Humanistik menekankan pengembangan potensi dan kemampuan dengan memperhatikan minat dan kebutuhan peserta didik. Kurikulum humanistik berdasarkan filsafat eksistensialisme Jean Paul Sartre dan berdasarkan konsep aliran pendidikan pribadi yaitu John Dewey dan JJ Rousseau. Karena itu berdasarkan kurikulum humanistik fungsi kurikulum adalah menyiapkan peserta didik dengan berbagai pengalaman naluriah yang sangat berperan dalam perkembangan individu.
Aliran pendidikan ini bertolak dari asumsi bahwa peserta didik adalah yang pertama dan utama dalam pendidikan. Bagi para pendukung humanistik tujuan pendidikan adalah suatu proses atas diri individu yang dinamis yang berkaitan dengan pemikiran integritas dan otonominya. Dalam kurikulum humanistik guru diharapkan dapat membangun hubungan emosional yang baik dengan peserta didiknya untuk perkembangan individu peserta didik itu selanjutnya.
Kurikulum humanistik didasarkan pada aliran pendidikan humanisme atau pribadi. Kurikulum humanistik bersifat child-centered yang menekankan ekspresi secara kreatif individulitas dan aktivitas pertumbuhan dari dalam bebas paksaan dari luar. Kritik terhadap kurikulum humanistik terdiri dari tiga hal yakni.
Kurikulum ini memadukan antaradomain kognitif dan domain afektif sehingga apa yang dipelajari anak mempunyai makna secara pribadi. Kurikulum humanistik mempunyai beberapa karakteristik berkenaan dengan tujuan metode organisasi isi dan evaluasi. Konsep Dasar Kurikulum humanistik dikembangkan oleh para ahli pendidikan humanistik.
Kurikulum humanistik dikembangkan oleh para ahli pendidikan humanistik. Rousseau Romantic EducationAliran ini lebih memberikan tempat pada siswa dan memandang siswa sebagai subjek yang menjadi. MODEL KONSEP KURIKULUM Menurut Suharsimi 2007 56 disebutkan ada 4 empat model kurikulum yang berkembang hingga saat ini yaitu.
Karakteristik Kurikulum Humanistik Kurikulum ini memiliki beberapa karakteristik berkenaan dengan tujuan metode organisasi ini dan evaluasi. Peerta didik adalah subjek yang menjadi pusat kegiatan pendidikan yang mempunyai potensi kemampuan dan kekuatan untuk berkembang. Kurikulum humanistik bertujuan mengembangkan bidang-bidang.
Menurut para pakar humanis kurikulum berfungsi menyediakan pengalaman berharga untuk membantu memperlancar perkembangan pribadi murid. Kurikulum humanistik lebih mengutamakan peroses dari pada hasil artinya apakah aktivitas belajar yang dapat membantu anak didik menjadi manusia yang lain terbuka dan mandiri. Esensi dari kurikulum ini adalah mempertemukan antara afektif domain emotions attitude values dengan kognitif domain intelectual knowledge and.
Kurikulum humanistik memiliki beberapa karakteristik yang tidak lepas dari karakteristik pendidikan humanis diantaranya adalah. Konsep kurikulum humanistik sebenarnya lebih mengarah pada kurikulum yang dapat mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan potensi dan keunikan masing-masing. Dalam kurikulum humanistik guru diharapkan dapat membangun hubungan emosional yang baik dengan peserta didiknya untuk perkembangan individu peserta didik itu selanjutnya.
Tujuan pendidikan adalah proses perkembangan pribadi yang dinamis yang diarahkan pada pertumbuhan integritas dan otonomi kepribadian sikap yang sehat terhadap diri sendiri orang lain dan belajar. Pembelajaran segi-segi sosial moral dan afektif mendapat perhatian utama. Untuk membangun suasana belajar yang baik hubungan antara guru dan siswa harus pula dibangun seharmonis mungkin sehingga guru tidak terkesan menakutkan karena.
Dalam kurikulum humanistik ada beberapa karakter yaitu. Suasana pembelajaran yang saling menghargai adanya kebebasan berpendapat kebebasan mengungkapkan gagasan. Dalam evalusi kurikulum humanistik berbeda dengan yang biasa kegiatan belajar yang baik adalah yang memberikan pengalaman yang akan membantu para sisiwa memperluas.
Menurut pada humanis kurikulum berfungsi menyediakan pengalaman berharga untuk membantu memperlancar perkembangan pribadi siswa. Kurikulum Humanistik menekankan peran penting pada aktivitas-aktivitas yang berupa eksploratori puzzeling dan tumbuh alami spontanitas. Kurikulum Humanistik memiliki indikator menempatkan pembelajar sebagai subject dalam pendidikan dalam hal ini pendidikan yang bebas liberating education mendapatkan posisi yang sepantasnya.
Bagi mereka tujuan pendidikan adalah proses perkembangan pribadi yang dinamis yang. Model kurikulum Sobjek akademik Model kurikulum Humanistik Model kurikulum rekonstruksi sosial Model kurikulum Teknologi KURIKULUM SUBJEK AKADEMIS Merupakan model konsep kurikulum yang paling. Kognitif afektif sosial moral dan perkembangan ego.
Pembelajarannya berpusat pada peserta didik student centered atau student based teaching peserta didik menjadi subyek dan pusat kegiatan. - Adanya hubungan yang harmonis antara guru dan siswa. Bagi mereka tujuan pendidikan pendidikan adalah proses.
Integralistik Maksudnya adalah dalam kurikulum humanistik menekankan kesatuan perilaku bukan saja yang bersifat intelektual Kognitif tetapi juga emosional dan tindakan ini merupakan komitmen dari pendidikan humanis yang mana berupaya untuk mengembalikan pendidikan kepada realitas. 1 lebih menekankan pada metode teknik dan pengalaman dan. Kurikulum ini berpusat pada siswa student-centered dan mengutamakan perkembangan afektif siswa sebagai prasyarat dan sebagai bagian integral dari proses belajarBerdasarkan kurikulum humanistik fungsi kurikulum adalah menyiapkan peserta didik dengan berbagai pengalaman naluriah dan gagasan yang sangat berperan dalam.
Konsep kurikulum humanistik sebenarnya lebih mengarah pada kurikulum yang dapat mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan potensi dan keunikan masing-masing. Berdasarkan tujuan kurikulum humanistic maka relevansi konsep pokok kurikilum humanistic dengan tujuan pendidikan di Indonesia adalah terletak pada nilai dasar humanisme untuk tidak.
Lucky Arie On Instagram Lensa Mercusuar Menggelar Lomba Fotografi Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional Hardiknas Kategor Pendidikan Fotografi Instagram
Model Pembelajaran Humanistik Pondok Belajar Pendidikan
Pin Oleh Septian Effendi Di Pemimpin Yang Tegas Materi Bahasa Inggris Materi Bahasa Inggris
Posting Komentar untuk "Kurikulum Humanistik"